cover
Contact Name
Mufarizuddin
Contact Email
jurnalpgsd.up@gmail.com
Phone
+6282165028412
Journal Mail Official
jurnalpgsd.up@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai No 23 Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
ISSN : 2655710X     EISSN : 26556022     DOI : https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4136
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning models, learning methods and learning media in education.Journal of Review of Education and Teaching (JRPP) is published four times a year in March June September and December. As our commitment to the advancement of science and technology, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) follows an open access policy that allows published articles to be available for free online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 94 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023" : 94 Documents clear
PENGEMBANGAN GERAKAN TARI TRADISIONAL TEMPURUNG UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA PEMBELAJARAN SENI DI TK N 02 TIUMANG Agus Saputra; Ana Novitasari; Meirisa Atika Putri
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17382

Abstract

Pendidiikan seni sangat penting bagi anak,terutama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan diri anak, Menari dapat digambarkan sebagai salah satu cara yang dapat merangsang perkembangan anak usia dini, karena kegiatan menari itu adalah solusi untuk mewadahi gerakan-gerakan fisik anak. Tari Tradisional tempurung adalah suatu tarian yang pada dasarnya berkembang disuatu daerah, dengan adanya tari tradisional tari tempurung untuk anak usia dini hendaknya dapat membantu dalam pembelajaran gerak tari yang melibatkan anak secara aktif dalam eksplorasi dalam penemuan gerak sehingga anak mendapatkan pengalaman secara konstruktif dan kreati,f anak mendapatkan ruang imajinasi dan ekspresi dalam memilih peran sesuai minatnya. Penelitian ini menggunakan pengembanga 4D ( four D ). Model penelitian ini menggunakan model 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu (Define,Design,Develop, Dan Disseminate). Penelitian pengembangan meupakan penelitian yang menghasilkan atau memodifikasi produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah yang ada di dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menghasilkan suatu produk gerakan tari tradisioanal tempurung untuk anak usia 4-5 tahun pada pembelajaran seni. Produk ini disebarkan kepada anak dan juga disebarkan di youtube dalam bentuk video guna dalam proses pembelajaran seni. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah saya lakukan, maka pengembangan gerakan tari tradisional tempurung untuk anak usia 4-5 tahun pada pembelajaran seni dapat dilakukan dengan cara mengembangkan tari tradisional tempurung untuk anak usia usia 4-5 tahun yang mana pada pengembangan tari tradisional tempurung ini akan lebih dispesifikkan pada pembelajaran gerakan-gerakan tangan dan gerakan-gerakan kaki dengan tujuan agar dapat membantu meningkatkan motorik pada anak.
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SD DI KELAS RENDAH Ni Nyoman Juni Anggarawati; I Ketut Suma; I Wayan Suastra
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17392

Abstract

Artikel ini bertujuan membahas model pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat mendukung keterampilan membaca siswa Sekolah Dasar di kelas rendah. Terdapat tiga model pembelajaran yang dibahas, antara lain: paired storytelling, quantum learning, dan SQ3R. Model paired storytelling mempunyai kelebihan yaitu membuat siswa dapat bekerja sama dalam kelompok, menghargai pendapat orang lain, dan meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis. Model pembelajaran quantum learning diarahkan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman siswa terhadap bahan bacaan. Model Pembelajaran SQ3R adalah model pembelajaran yang dapat membuat siswa mampu memahami bacaan, aktif membaca, dan mampu membuat siswa mudah belajar dengan tahapan survey, question, read, recite, dan review.
CERITA BERGAMBAR BERBASIS POP UP SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT PADA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR Catur Fitria Astuti; I Ketut Suma; I Wayan Suastra
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17419

Abstract

Keterampilan membaca di Indonesia masih rendah karena kurangnya penggunaan bahan ajar yang inovatif, kreatif dan efektif. Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah belum adanya materi pembelajaran bagi siswa untuk meningkatkan kecepatan membaca. Membaca cepat juga merupakan upaya membaca sendiri untuk meningkatkan keterampilan yang ada didalamnya. Membaca cepat sangat perlu diajarkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif dengan siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media photobook berbasis pop-up. Evolusi media mendongeng visual pop-up dirancang dengan visual yang menarik dan konten cerita yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Perkembangan media cerita bergambar pop-up dikembangkan berdasarkan permasalahan yang muncul pada lapisan atasnya. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kualitas, proses dan efisiensi dalam pengembangan media cerita bergambar berbasis pop-up untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat di kelas tinggi sekolah dasar.
RESILIENSI PELAKU SENI SANGGAR TARI TERHADAP DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN GOWA PROVINSI SULAWESI SELATAN Abdul Hafid; Fatimah Azis
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17423

Abstract

Artikel ini adalah hasil penelitian dilakukan dimasa pandemi covid-19, mengenai dampak pandemik covid-19 terhadap pelaku seni khususnya sanggar-sanggar tari yang ada di Kabupaten Gowa dan resiliensi dilakukan untuk bertahan hidup. Masalah yang dihadapi pelaku seni dimasa pandemi covid-19 adalah aktivitas sanggar tari nyaris terhenti karena adanya aturan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di Kabupaten Gowa, kondisi tersebut berdampak pada penurunan omset pementasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak dan resiliensi sanggar tari dalam menghadapi dan mengatasi kondisi selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara terhadap objek penelitian, dan data diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanggar- sanggar tari ini melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup, dengan melakukan berbagai aktivitas ekonomi, misalnya berjualan, bertani, dan aktivitas lainnya yang bisa menghasilkan uang. Agar aktivitas sanggar tidak terhenti, maka pimpinan sanggar tetap memberikan ruang dan aktivitas kepada anggotanya untuk berlatih dan menciptakan tari kreasi baru. Dimasa new normal dan peraturan PSBB dicabut sebagian sanggar tari sudah mulai melakukan aktivitasnya, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dari pihak penyelenggara. Kesimpulan bahwa dampak covid-19, telah menurunkan finansial sanggar tari, untuk bertahan hidup mereka melakukan berbagai resiliensi dengan melakukan berbagai aktivitas ekonomi.
HAKIKAT PENILAIAN BAHASA, PERBEDAAN PENILAIAN, PENGUKURAN DAN EVALUASI Ni Kade Dwy Kurnia Yudantari; I Ketut Suma; I Wayan Suastra
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17440

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada jenjang pendidikan dasar. Materinya berhubungan dengan cara mencari tahu tentang kebahasaan yang sistematis. Pendidikan Bahasa Indonesia diharapkan menjadi wahana bagi para peserta untuk mempelajari cara membaca, menulis, dan menjawab pertanyaan. Pendidikan Bahasa Indonesia juga diterapkan di dalam kehidupan sehari- hari. Untuk mengukur ketercapaian keterampilan dan hasil belajar siswa dibutuhkan adanya suatu penialain Dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa, sebagaimana halnya dalam penyelenggaraan pembelajaran bidang-bidang yang lain, evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan.
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KUMETASUM UNTUK MENGENALKAN METAMORFOSIS BINATANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Agus Saputra; Ana Novitasari; Ukhti Zulfanur Muflihah
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17441

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya alat permainan edukatif dalam mengenalkan metamorfosis binatang terutama binatang kupu-kupu, katak, dan nyamuk yang dari segi ketahanan kurang tahan karena terbuat dari kertas . Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk berupa alat permainan edukatif kumetasum di TK IB 71 Sialang Gaung yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and devlopment) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Anilyze (Analisis), design (perancangan), development (Pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Tahap analisis meliputi analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis kelayakan produk. Tahap perancangan dilakukan perancangan materi dan rancangan media, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, tahap implementasi dilakukan uji praktikalitas, dan uji efektivitas yang dilakukan di TK IB 71 Sialang Gaung Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, dan tahap evaluasi dilakukan penilaian terhadap hasil tersebut. Hasil penilaian validasi alat permainan edukatif kumetasum pada uji validitas oleh dua orang ahli, ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid, uji praktikalitas dengan kategori sangat praktis, dan hasil efektifitas dengan dengan kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif kumetasum dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
EXPLORING EXTENSIVE READING FROM STUDENTS’ PERSPECTIVE Diska Fatima Virgiyanti; Hesti Rokhaniyah; Aries Fachriza
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17544

Abstract

Extensive reading becomes familiar among students since this activity eases them to read anytime and anywhere they like. Besides, they were also given the freedom to read any kind of book genre. The goal of this activity is to assist students in improving their reading skills. This research design is a descriptive qualitative where the respondents are twelve students of English Language Education Department. This research aims to investigate the students’ perspective toward extensive reading. The data collection was done by interviewing the respondents, doing field observation, and analyzing documents to confirm the data to support the triangulation. The results of the study showed that extensive reading was able to improve students' reading comprehension, increased students’ interest in reading, and built students’ awareness of the importance of literacy and having good reading habits. Furthermore, it should be highlighted that the students and lecturers have the capability and chance to produce readable sources to promote extensive reading at the level of elementary, junior, and senior high school or even at the university level.
ANALISIS PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER YANG SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SDN 064966 MEDAN PERJUANGAN Eva Betty Simanjuntak; Ade Putri Haryanti
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17578

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dan orangtua dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di SDN 064966 Medan Perjuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis peran guru dan orangtua dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yang berfokus pada butir-butir pengamalan nilai sila kedua Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 4 guru dan 20 orangtua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran angket/kuesioner yang berjumlah 22 butir pernyataan yang sudah divalidkan dengan dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek peran guru masuk kedalam kategori sangat tinggi dengan persentase 99% dan pada aspek peran orangtua dengan persentase 92% masuk pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa baik guru maupun orangtua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan dalam membentuk karakter siswa sangat berperan aktif dan sadar akan perannya. Disarankan kepada guru maupun orangtua untuk mempertahankan dan menjalankan perannya dengan sangat baik dalam membentuk karakter siswa.
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DISABILITAS TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) KALIWUNGU KUDUS Ahmad Nilnal Munachifdlil Ula; Mufida Fatimatuz Zahro
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa tunarungu di SMPLB Kaliwungu Kudus dan faktor penghambat serta pendukung dalam pembelajaran PAI bagi siswa tunarungu di SMPLB Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model penelitian lapangan deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa, yang dilakukan selama 1 bulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknis. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, 1) pembelajaran PAI terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran berupa metode membaca bibir (gerakan bibir) dan metode bahasa isyarat, dan evaluasi. 2) faktor penghambat pembelajaran yaitu sarana dan prasarana yang belum terpenuhi, kurangnya pengajar, kurangnya lulusan guru yang sesuai dengan bidang akademik SLB dan kondisi latar belakang ekonomi siswa, serta jarak yang ditempuh siswa dari lingkungan sekolah. Faktor pendukung meliputi dukungan materi dan non materil dari orang tua siswa, dukungan dari pemerintah dan kerjasama yang baik antara dewan guru dan warga sekolah lainnya.
ANALISIS PERAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA Erwin Dhaniswara; Zulfiah Larisu; Feri Sanjaya; Nur Kurniasari; Rissa Megavitry; Marlina Marlina
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v6i2.17586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran game edukasi berbasis mobile dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis sumber literatur terkait topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis mobile efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui elemen permainan yang menarik dan tantangan belajar yang disajikan secara interaktif. Hal ini menyebabkan siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, game edukasi berbasis mobile juga berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar siswa. Dalam lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, siswa memiliki kesempatan untuk mengasah pemahaman mereka terhadap materi pelajaran melalui percobaan, simulasi, dan tantangan dalam lingkungan virtual yang aman. Fleksibilitas dan aksesibilitas game edukasi berbasis mobile memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar di luar lingkungan kelas tradisional. Namun, tantangan seperti desain game yang efektif, integrasi dalam kurikulum, dan dukungan dari pihak sekolah dan orangtua perlu diperhatikan agar penggunaan game edukasi berbasis mobile dapat dioptimalkan. Selain itu, perlu dihindari potensi ketergantungan yang berlebihan pada teknologi dengan menjaga keseimbangan antara interaksi sosial dan pembelajaran luar kelas. Hasil penelitian ini memberikan sumbangan yang berharga dalam memahami peran game edukasi berbasis mobile dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Diharapkan temuan ini dapat diimplementasikan oleh pendidik dan lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik bagi siswa di era teknologi informasi dan komunikasi.

Page 1 of 10 | Total Record : 94